CARA MENGGOSOK GIGI YANG BAIK DAN BENAR

Ditulis pada Jumat, 20 Des 2019 oleh: Puskesmas
  1. Cara menyikat gigi yang benar

Penting untuk membiasakan anak menggosok gigi sejak usia dini. Orang tua dapat mulai menggosok gigi anaknya begitu gigi anak sudah mulai tumbuh. Gigi seri yang tumbuh pertama kali dapat digosok dengan mudah. Pada awalnya dalam menggosok gigi sebaiknya tanpa pasta/odol karena khawatir akan tertelan.

Cara yang baik dalam menggosok gigi anak adalah dengan memangku anak tersebut menghadap ibunya dengan posisi kepala terletak pada lutut sehingga keadaan anak dapat terlihat. Dengan demikian, anak terbiasa menggosok gigi. Pada saat anak sudah dapat berjalan, orang tua dapat menyikat gigi anak dengan posisi berdiri di belakangnya sambil satu tangan menyangga kepala dan tangan yang lain menggosok giginya. Gerakan menggosok gigi secara horisontal dan pendek-pendek merupakan metode yang mudah dan baik. Pada umumnya anak dapat menggosok gigi tanpa pengawasan orang tuanya mulai umur 9 tahun, akan tetapi sampai umur 14 tahun sebaiknya orang tua harus memeriksa kegiatan anak waktu gosok gigi dan mengetahui perkembangan cara menggosok gigi anaknya.

Cara menyikat gigi yang benar:

  1. Menyiapkan sikat gigi dan pasta yang mengandung Fluor (salah satu zat yang dapat menambah kekuatan pada gigi). Banyaknya pasta kurang lebih sebesar sebutir kacang tanah (1/2 cm).
  2. Berkumur-kumur dengan air bersih sebelum menyikat gig.
  3. Seluruh permukaan gigi disikat dengan gerakan maju mundur pendek-pendek atau memutar selama ± 2 menit (sedikitnya 8 kali gerakan setiap 3 permukaan gigi).
  4. Berikan perhatian khusus pada daerah pertemuan antara gigi dan gusi.
  5. Lakukan hal yang sama pada semua gigi atas bagian dalam.
  6. Ulangi gerakan yang sama untuk permukaan bagian luar dan dalam semua gigi atas dan bawah.
  7. Untuk permukaan bagian dalam gigi rahang bawah depan, miringkan sikat gigi seperti dalam gambar no.5. Kemudian bersihkan gigi dengan gerakan sikat yang benar.
  8. Bersihkan permukaan kunyah dari gigi atas dan bawah dengan gerakan-gerakan pendek dan lembut maju mundur berulang-ulang.
  9. Sikatlah lidah dan langit-langit dengan gerakan maju mundur dan berulang-ulang.
  10. Janganlah menyikat terlalu keras terutama pada pertemuan gigi dengan gusi, karena akan menyebabkan email gigi rusak dan gigi terasa ngilu.
  11. Setelah menyikat gigi, berkumurlah 1 kali saja agar sisa fluor masih ada di gigi.
  12. Sikat gigi dibersihkan dengan air dan disimpan tegak dengan kepala sikat di atas.
  13. Waktu menyikat gigi sebaiknya setiap habis makan kita menyikat gigi, tapi hal ini tentu saja agak merepotkan. Hal yang terpenting dalam memilih waktu menyikat gigi adalah pagi hari sesudah makan dan malam hari sebelum tidur.
Cetak: Kategori: INFORMATIKA
Bagikan:

CARA MENGGOSOK GIGI YANG BAIK DAN BENAR

Cara menyikat gigi yang benar Penting untuk membiasakan anak menggosok gigi


Kabupaten Temanggung
PUSKESMAS PRINGSURAT
Jl. Raya Pingit, Pringsurat ,Kode Pos 56272 Temanggung , Telp 0298 596001 email : puskesmas.pringsurat@yahoo.com
Copyright © 2024