PELATIHAN KADER UKGM DI DESA NGIPIK

Ditulis pada Jumat, 20 Des 2019 oleh: Puskesmas

Kader adalah warga masyarakat setempat yang dipilih dan ditinjau oleh masyarakat dan dapat bekerja secara sukarela” (Zulkifli, 2003). Kader kesehatan adalah tenaga sukarela yang dipiih oleh masyarakat yang bertugas mengembangkan masyarakat dalam. Dalam hal ini kader disebut juga sebagai penggerak atau promotor kesehatan (Yulifah R, dan Yuswanto, 2006). Kader kesehatan gigi adalah tenaga sukarela yang dipilih untuk melaksanakan tugas kader kesehatan gigi antara lain melakukan pemeriksaan sederhana untuk pendataan kesehatan gigi masyarakat, memberikan rujukan ke puskesmas, melakukan kegiatan promitif (penyuluhan kesehatan gigi).

Dari fungsi dan tugas kader kesehatan gigi, puskesmas pringsurat melakukan pelatihan kader UKGM (Usaha kesehatan gigi masyarakat). Dalam pelatihan Kader UKGM ini puskesmas Pringsurat berkerjasama dengan mahasiswa PKL D-IV Jurusan Keperawatan gigi POLTEKKES KEMENKES semarang.

Pelatihan kader UKGM di laksanakan pada tanggal 26 Oktober 2019 di balai desa Desa Ngipik, karena kali ini pelatihan kader UKGM baru di fokuskan di desa Ngipik. Desa Ngipik terdiri dari 8 dusun, yang setiap dusn mewajibkan mengirimkan 3 kader untuk melakukan pelatihan kader UKGM.

Pelatihan kader UKGM di buka langsung oleh Ibu Kepala desa Ngipik, yang di hadiri oleh bidan desa Ngipik, perawat gigi puskesmas pringsurat, 6 orang mahasiswa PKL dan 24 peserta. Pelaksanaan pelatihan berjalan dengan lancar dengan harapan dengan adanya pelatihan kader UKGM ini mampu meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan drajat kesehatan masyarakat wilayah kerja puskesmas pringsurat. .  Semoga kedepannya bisa dilakukan pelatihan kader di desa-desa yang lain pada wilayah kerja puskesmas pringsurat.

Cetak: Kategori: UKM
Bagikan:

PELATIHAN KADER UKGM DI DESA NGIPIK

Kader adalah warga masyarakat setempat yang dipilih dan ditinjau oleh masyarakat


Kabupaten Temanggung
PUSKESMAS PRINGSURAT
Jl. Raya Pingit, Pringsurat ,Kode Pos 56272 Temanggung , Telp 0298 596001 email : puskesmas.pringsurat@yahoo.com
Copyright © 2024